Ticker

6/recent/ticker-posts

Penting! Inilah Tata Cara Pembayaran Pajak Mobil Tahunan

SeoSatu - Sobat, membayar pajak mobil di Samsat kini cukup mudah. Anda hanya perlu memenuhi syarat dalam pembayaran pajak mobil. Kini syarat bayar pajak mobil tidaklah banyak. Proses atau tahapan bayar pajak kendaraan bermotor pun juga tidak ribet dan butuh waktu singkat. Sobat yang datang lebih awal dan antrean tidak panjang, hanya memerlukan waktu satu jam saja atau bahkan bisa kurang. 

Pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil ada dua macam, perpanjangan per tahun dan perpanjangan lima tahun. Pada artikel berikut ini akan dibahas tentang tata cara pembayaran pajak mobil. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Syarat bayar pajak mobil atau pajak kendaraan bermotor

Ada beberapa berkas dan persyaratan pembayaran pajak mobil yang harus Anda siapkan sebelum ke Samsat. Persyaratan yang harus Sobat penuhi diantaranya sebagai berikut: 

  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang sesuai dengan nama pemilik mobil 
  • Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) asli dan fotokopi 
  • Uang sejumlah tagihan yang harus dibayarkan 
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi 
  • Formulir cek fisik kendaraan di samsat (khusus pajak kendaraan lima tahunan) 
  • Setelah berkas dan syarat pajak siapm Anda bisa mendatangi Samsat untuk proses pembayaran pajak mobil.

Cara bayar pajak mobil atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Ambil formulir perpanjangan STNK

Sobat bisa mengambil formulir perpanjangan STNK ke petugas yang ada di samping loket. Selanjutnya isi formulir perpanjangan tersebut. Setelah seluruh formulir terisi, Anda bisa mengambil nomor antrean dan menyiapka dokumen-dokumen. 

Menyiapkan dokumen sambil menanti loket memanggil

Untuk mempercepat proses, Anda bisa menyiapkan dokumen persyaratan dan menggabungkan ke dalam satu map. Saat nama Anda dipanggil, Anda bisa menyerahkan map dan formulir. Setelah seluruh dokumen persyaratan perpajakan mobil, Anda akan memperoleh slip pembayaran STNK. 

Membayar pajak mobil ke kasir

Pembayaran pajak dilakukan di kasir sejumlah nominal tagihan. Anda bisa membawa uang pas sebagaimana tertera di slip pembayaran. Kemudian Anda akan menerima bukti penerimaan pajak mobil. Jangan sampai bukti pembayaran tersebut hilang. Anda harus duduk dan menunggu di depan loket untuk dipanggil kembali. 

Pengambilan STNK

Yang harus diketahui bahwa proses pengambilan STNK sifatnya acak. Anda harus mendengarkan baik-baik. Ketika nama Anda dipanggil, serahkan bukti pembayaran tersebut dan ambil STNK dan KTP milik Anda. Anda juga akan memperoleh kuitansi pembayaran.

Posting Komentar

0 Komentar