Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Cerdas Merekrut Reseller untuk Meningkatkan Omzet Bisnis

Reseller bisa membantu meningkatkan keuntungan usaha hingga berkali-kali lipat. Maka, bisa dikatakan reseller adalah aset penting bagi setiap pemilik usaha online, termasuk bagi para pelaku UKM. Banyak pebisnis yang sudah menghasilkan banyak penjualan dalam sehari. Namun dengan bantuan reseller, ada peluang penjualan bisa meningkat dua hingga tiga kali lipat.

Maka, Anda harus mengetahui cara membangun tim reseller dropship yang solid untuk mendongkrak angka penjualan. Berikut adalah tips ampuh merekrut reseller untuk bisnis UKM Anda. Yuk disimak! 

Tips Membangun Tim Reseller 

Cari dan Pahami Calon Reseller

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membuat sistem reseller. Anda tentukan terlebih dulu konsep seperti apa yang mungkin cocok dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Selanjutnya, lakukan pencarian reseller di berbagai platform media sosial, seperti instagram, facebook, dan lain-lain dengan cara yang menarik dan juga menawarkan kerja sama yang menguntungkan satu sama lain.

Jangan lupa untuk meminta data dan informasi selengkap mungkin mengenai calon reseller yang ingin bergabung dalam tim. Data dan informasi tersebut berguna untuk menyusun dan menyesuaikan metode jualan yang paling cocok dengan mereka. Satu lagi yang penting, buat perjanjian kerja sama secara tertulis untuk berjaga-jaga jika timbul masalah di kemudian hari. 

Buat Wadah Komunikasi untuk Mencapai Target Bersama

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, telegram, atau instagram untuk membuat grup yang berisikan tim reseller Anda, agar lebih mudah untuk berkomunikasi satu sama lain. Dan, tentunya juga bisa membantu menjual produk dan jasa dari bisnis Anda. 

Benefit dan Bonus

Bukan Anda saja yang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan, reseller tentunya juga berharap bisa menghasilkan uang dengan bergabung dalam tim penjualan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberitahu mereka tentang benefit dan bonus apa saja yang bisa didapatkan jika mampu menjual produk sesuai dengan target penjualan yang telah ditentukan. 

Kelola Tim Reseller untuk Kerjasama Jangka Panjang

Cara mengelola tim reseller yang tepat agar kerja sama bisa bertahan hingga jangka panjang, ialah dengan konsisten memberikan bimbingan penjualan kepada mereka. Anda bisa mengirimkan materi-materi bisnis tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan.

Dalam beberapa kasus, reseller mengalami peningkatan penjualan setelah diberi pembinaan yang dilakukan secara rutin. Jadi, bimbing terus tim reseller Anda agar hasil yang didapat bisa stabil atau meningkat. 

Sesi Konsultasi dan Diskusi

Ada beberapa reseller yang tidak cukup dengan hanya diberikan materi bisnis, mereka juga membutuhkan konsultasi atau diskusi apabila tengah menghadapi permasalahan dalam proses penjualan.

Maka, Anda bisa membuatkan jadwal dalam jangka waktu tertentu untuk sesi diskusi bersama di grup chat. Jadi, seluruh tim bisa saling berdiskusi, berbagi ide atau solusi di waktu tersebut. Sehingga, permasalahan yang dihadapi dapat teratasi dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar