Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menggunakan Alat Cek Tekanan Darah dengan Benar Dan Akurat

cara menggunakan alat cek tekanan darah
source: www.medicalogy.com

Banyak orang sekarang ini memiliki alat Tensimeter di rumah. Mereka adalah golongan orang yang sadar akan kesehatan dan pentingnya menjaga tekanan darah normal. Namun, meskipun makin banyak orang memilikinya, ternyata masih banyak yang menggunakannya dengan tidak benar.

Menggunakan alat dengan cara yang kurang tepat, akan menunjukkan ukuran tekanan darah yang salah. Jika sudah salah pengukuran, persepsi yang diambil dari Tensimeter tersebut juga akan salah. Untuk memastikan Anda benar menggunakan alat pengukur tekanan darah ini, ikuti arahan pada artikel berikut!

Persiapan Sebelum Menggunakan Alat Tensimeter

Dalam artikel seputar penggunaan Tensimeter mandiri di website Alodokter, dijelaskan bahwa Anda harus lakukan persiapan terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan seputar persiapannya:

  • Memastikan akurasi alat yang akan digunakan. Anda dapat meminta bantuan tenaga medis seperti suster dan dokter kenalan Anda untuk mencoba alatanya. Mereka akan bandingkan dengan hasil menggunakan alat medis yang sudah mereka gunakan. Akurasi dapat dinilai tinggi jika hasilnya mirip.
  • Hindari mengukur tekanan darah setelah melakukan olahraga, konsumsi rokok atau kopi dan sesudah makan besar.
  • Usahakan memakai pakaian yang longgar dan mudah dilipat lengannya. Tensimeter perlu kontak langsung dengan kulit untuk hasil yang lebih akurat.
  • Rubah mindset agar lebih tenang dan nyaman sebelum pengukuran. Bila merasa tertekan atau stress, hasil pengukuran akan terpengaruh.
  • Posisikan duduk nyaman. Diperbolehkan duduk di lantai, asalkan jangan menyilangkan kaki. Pengukuran tekanan darah akan berbeda jika posisi kaki terlipat.
  • Pastikan posisi lengan bersandar dan berada pada tinggi yang sama dengan jantung Anda. Hindari melekukkan tangan ataupun menunduk selama proses pengukuran berlangsung.

Cara Menggunakan Tensimeter

Setelah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan, Anda sekarang siap melakukan pengukuran dengan alat cek tekanan darah. Ikuti arahan berikut ini untuk menggunakannya:

  • Balutkan manset alat pada lengan atas Anda. Pastikan ujung selang pada manset menyentuh tengah lengan. Bagian bawah pada manset diberi jarak 2 sampai 3 cm lebih tinggi dibandingkan sendi siku.
  • Pastikan selang pada Tensimeter tidak melilit atau tertindih sebelum mengaktivasikannya. Posisikan dengan baik alatnya setelah memasang kencang manset.
  • Gunakan lengan yang selalu digunakan untuk mengukur tekanan darah. Berbeda lengan akan berbeda ukuran. Karena harus konsisten perbandingannya, jangan ganti – ganti tangan saat mengukur dengan Tensimeter.
  • Tekan tombol aktivasi dan biarkan alat bekerja dengan sendirinya. Hindari bergerak – gerak atau mengencangkan otot lengan saat proses pengukuran berlangsung.
  • Alat akan berhenti mengukur secara otomatis dan hasil pengukuran akan muncul dengan sendirinya

Tekanan darah normal pada umumnya adalah 120/80 mm Hg. Namun, standar ini hanya rata – rata saja. Besaran berbeda bisa muncul tergantung umur, berat badan dan genetik. Karena itu, pastikan konsultasi dengan dokter dan tenaga medis sebelum menggunakan Tensimeter sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar