Ticker

6/recent/ticker-posts

Jaga Ketahanan dan Kualitas Rempah Bubuk Dengan 3 Cara Ini!

cara menjaga kualitas rempah bubuk
source: ik.imagekit.io

Rempah menjadi esensial dalam kuliner khas Indonesia. Selama ratusan tahun, masyarakat memanfaatkan rempah-rempah yang memperkaya cita rasa makanan di berbagai daerah. Kemudian di zaman modern, ada rempah bubuk kiloan yang memudahkan Anda meracik bubuk untuk membuat hidangan semakin nikmat.

Dibandingkan rempah segar, memakai rempah bubuk memang lebih praktis. Namun, Anda tetap harus menyimpannya dengan tepat supaya tahan lama dan berikut ini caranya:

Rapatkan penyimpanan rempah

Disitat dari The Kitchn, rempah bubuk sebaiknya disimpan dalam kemasan atau wadah yang rapat. Pasalnya, paparan udara bebas berpotensi mengubah rasa dan aroma bumbu sampai ke makanan. Toples kaca adalah salah satu wadah yang bagus untuk penyimpanan rempah.

Bagaimana kalau Anda tak punya toples kaca? Penyimpanan seperti ziplock aman untuk rempah bubuk. Pastikan untuk selalu menutup rapat tempat rempah setelah digunakan. Terutama kalau Anda tak akan menggunakan rempah dalam waktu lama. 

Letakkan di tempat gelap atau teduh

Selain udara, suhu adalah faktor lain yang akan mengubah kualitas dan cita rasa rempah bubuk. Hindari meletakkan wadah penyimpanan rempah di dekat jendela atau lokasi yang terpapar langsung sinar matahari. 

Jika tidak, maka dalam jangka lama rempah tak akan bisa digunakan. Untuk lebih amannya, simpan wadah-wadah rempah di laci atau lemari tertutup.

Jauhkan dari lembap dan sumber panas

Sumber panas dalam hal ini bukan hanya dari sinar matahari. Panas dari api kompor juga dapat merusak kualitas rempah bubuk yang dipakai untuk memasak. Untuk itu, rempah bubuk sebaiknya disimpan Jauh dari sumber panas seperti kompor.

Anda juga bisa menyimpannya di lemari pendingin. Akan tetapi, jangan simpan di freezer karena tempat tersebut mengandung banyak air. Bak cuci piring juga adalah lokasi lain yang harus Anda hindari karena dapat membuat rempah menjadi lembap. Selain itu, panas juga dapat membuat bumbu rempah menggumpal. Jadi, sebaiknya hindari menuangkannya langsung ke makanan yang panas. 

Dengan cara penyimpanan yang tepat, bumbu rempah bubuk memang bisa lebih awet. Namun, bukan berarti rempah bubuk bisa digunakan dalam waktu yang tak terbatas atau tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Jadi, pastikan untuk mengeceknya saat akan menggunakan.

Rata-rata rempah bubuk mampu bertahan hingga satu tahun. Anda pun dapat membuat rempah bubuk sendiri dengan mengeringkan rempah utuh atau segar dan menghancurkannya hingga membentuk serpihan. Setelah itu, tinggal masukkan ke wadah penyimpanan.

Tak mau repot mengolah rempah bubuk sendiri? Anda bisa membeli rempah bubuk dari supplier terpercaya seperti Ganesha Abaditama! Cek langsung saja website-nya untuk mengecek produk-produk yang mereka sediakan.

Posting Komentar

0 Komentar