Ticker

6/recent/ticker-posts

Berbagai Jenis Dompet Digital dan Kegunaannya

Banyaknya perkembangan teknologi diera digital sekarang mempermudah kita untuk bertransaksi. Alat pembayaran tunai sekarang mulai tergantikan oleh alat pembayaran non tunai. Selain cepat dan tepat, pembayaran non tunai juga seringkali menawarkan banyak merchant untuk pengguna. Satunya adalah E-Wallet.

Menjadi salah satu fintech (financial technology), E-wallet memudahkan kita untuk menyimpan uang secara digital dan bisa kita gunakan untuk transaksi secara online menggunakan QR Code. Dompet digital ini juga memudahkan kita untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Bahkan banyaknya toko makanan, minuman, pakaian, tempat perbelanjaan yang menggunakan dompet digital sebagai salah satu fasilitas untuk bertransaksi. 

Jenis-Jenis Dompet digital

Beberapa dompet digital di Indonesia yang cukup sering digunakan masyarakat adalah: 

GoPay

Gopay sebenarnya dikenal melalui aplikasi Gojek dan menjadi dompet digital yang populer sejak tahun 2019. GoPay sudah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia. Layanan GoPay ini bisa digunakan untuk transportasi online, pengisian pulsa dan tagihan juga untuk membayar makanan. Jika kita ingin melakukan top-up atau pengisian saldo, kita bisa melakukan melalui ATM, mobile banking, atau internet banking 

OVO

Bisa dibilang OVO merupakan dompet digital terbaik di Indonesia. Dompet digital yang satu ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi dengan aman dan nyaman. Apalagi OVO juga sudah menguasai lebih dari 70 % pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia, seperti Café, bioskop, supermarket, dan lain-lain. Hal tersebut juga mendukung pengguna untuk melakukan pembayaran secara offline menggunakan QRIS. 

LinkAja

LinkAja adalah salah satu dompet digital yang merupakan gabungan dari perusahaan Indonesia, diantaranya HIMBARA, Pertamina, Telkomsel dan HIMBARA. Kalian bisa menggunakan LinkAja untuk melakukan pembayaran pulsa data, token listrik, dan juga pembayaran transportasi umum. 

Kelebihan Dompet Digital

Melakukan transaksi dengan E-wallet memberikan banyak kemudahan bagi kita. Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan dompet digital : 

Transaksi cepat dan aman

Melakukan transaksi dengan dompet digital lebih cepat daripada kita harus menggunakan uang kertas dan koin. Kita hanya perlu menyalin barcode yang sudah ada atau cukup dengan menuliskan nominal uang yang akan kita keluarkan. Dengan dompet digital, jika kita melakukan transaksi pembelian secara online kita juga tidak perlu mengantri untuk membayar.

Selain itu, melakukan transaksi dengan dompet digital ini lebih aman, karena kita harus melakukan verifikasi PIN. Pada dompet digital verifikasi data yang dimasukkan juga sangat lengkap hal ini memudahkan kita saat smartphone hilang dalam memblokir melalui fitur dompet digital. 

Bisa Kapan Saja

Melakukan transaksi menggunakan dompet digital bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mulai dari pembelian pulsa, token listrik dan pembayar tagihan. Kita tidak perlu khawatir jika pada malam hari token listrik habis atau pembayaran tagihan yang sudah mepet tempo, kalian cukup tinggal langsung melakukan pembayaran melalui smartphone. Tentunya hal ini lebih efisien dan menghemat waktu. 

Promo

Bagi pengguna dompet digital pastinya sudah tahu, jika promo yang disediakan dompet digital sangat beragam mulai dari potongan harga, cashback sampai dengan promo buy 1 get 1. Tentunya sangat menarik untuk pengguna, sehingga tidak heran jika banyak orang yang beralih menggunakan dompet digital.

Bagi pebisnis dengan adanya mesin pembayaran non tunai akan semakin mudah, salah satunya mesin kasir EDC dan aplikasi GoKasir dari GoBiz. Ditambah aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Gopay yang membuat pengguna semakin nyaman dan aman dalam melakukan transaksi. Untuk informasi yang lengkap, kunjungi. Gobiz.co.id Yuk kembangkan usaha bersama layanan GoBiz! 

Posting Komentar

0 Komentar