Ticker

6/recent/ticker-posts

Lakukan 4 Hal Ini Sebelum & Setelah Vaksinasi

Vaksin merupakan produk biologi yang terdiri dari antigen. Bila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit. Vaksin memang punya banyak manfaat namun juga memiliki berbagai efek samping.

Setiap orang memiliki efek samping yang berbeda-beda sesuai jenis vaksin yang dipilih dan imun tubuh. Lalu bagaimana cara untuk mengantisipasinya? Sebelum kamu cari cara daftar vaksin online, berikut ini hal yang sebaiknya kamu lakukan sebelum dan setelah divaksin. 

1. Haruskah menghindari minum minuman beralkohol? 

Minuman yang mengandung alkohol punya dampak negatif bagi tubuh karena dapat mengganggu metabolisme tubuh. Dilansir dari m.kominfo.go.id, hingga kini belum ada hasil penelitian pasti yang 100% membuktikan konsumsi makanan dan minuman beralkohol setelah divaksin dapat berpengaruh terhadap keefektifan vaksin. 

Namun, mengingat alkohol dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan kesadaran kamu, akan jauh lebih baik jika kamu menghindarinya terlebih dahulu sebelum vaksin. Hal ini diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mengantuk hingga kecelakaan berkendara. 

2. Wajib untuk Istirahat yang cukup sebelum vaksin

Wajib untuk tidur cukup sebelum vaksin dan jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup setelah vaksin. Kurang tidur bisa menimbulkan tekanan darah yang tinggi. Ketika tekanan darahmu tinggi tentunya petugas tidak akan mengizinkan kamu untuk divaksin.

Mengingat vaksin jenis tertentu dapat menimbulkan efek samping yang berbeda-beda, kamu bisa mengambil jatah cuti selama satu hari untuk mengistirahatkan tubuh atau sebagai antisipasi jika terdapat keluhan di tubuh kamu. 

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Asupan energi dan gizi tentunya diperlukan agar kamu tetap fit di hari vaksin. Sebelum vaksin kamu bisa mengkonsumsi sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan susu. Selain itu kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk daya tahan tubuh bisa didapatkan dari bahan rempah seperti jahe, bawang putih, dan juga kunyit. Sebaiknya hindari makanan junk food (cepat saji). Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup, ya!

4. Apa yang dilakukan ketika demam setelah vaksin?

Terdapat vaksin yang mempunyai dampak atau efek tertentu tergantung jenisnya, misalnya demam dan juga nyeri di bagian tubuh. Ketika kamu mengalami demam tinggi disarankan untuk minum banyak air putih dan jus buah untuk menghindari tubuh kamu terkena hidrasi. Jika dalam kurun waktu beberapa hari demam tidak juga menurun atau terdapat pembengkakan dan rasa nyeri di tempat penyuntikan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan sebelum dan sesudah melakukan vaksin. Sekarang proses vaksin bisa lebih praktis karena kamu bisa langsung daftar vaksin online di https://lemihealth.id/artikel/cara-mudah-daftar-vaksin-online- dari mana pun kamu berada. Tentunya bisa lebih menghemat waktu bukan? Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar